Home »

 
 

Admisi Mahasiswa Baru 2013

 

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru setiap tahunnya dilakukan di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta, Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon Bantul Yogyakarta. Pada tahun 2013, mulai dilaksanakan sistem Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) gabungan proses online dengan pemberkasan manual. Kegunaan sistem online terletak pada jangkauannya yang luas dan sistem alur yang jelas. Sedangkan sistem manual pemberkasan digunakan untuk melakukan verifikasi isian dokumen yang telah diisi pada formulir online.

Mekanisme pendaftaran ada 2 cara, yaitu:

A. Prosedur Pendaftaran Manual

  1. Biaya penyelenggaraan seleksi akan dibebankan pada BOPPTN, calon mahasiswa tidak dikenakan biaya apapun.
  2. Panduan dan Formulir pendaftaran dapat diperoleh dengan mengunduh di http://pmb.isi.ac.id atau datang langsung ke sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Gedung Rektorat, Jalan Parangtritis Km 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
  3. Menyerahkan 2 rangkap formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  4. Bagi yang akan lulus tahun 2013 melampirkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Akhir dan foto copy rapot semester III, IV dan V yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  5. Bagi lulusan tahun 2012 dan sebelumnya cukup melampirkan 2 lembar foto copy STTB/Ijazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  6. Menyerahkan 4 lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 3×4 background warna merah.
  7. Melampirkan data penghasilan orang tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/ Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya disahkan oleh Kepala Desa setempat.
  8. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas penggunaan NAPZA dari Dokter. (serta perhatikan pada syarat ketentuan khusus)
  9. Kartu Peserta Seleksi tertera Nomor Tes, Pilihan Program Studi, Pasfoto calon serta cap legalitas akan diberikan setelah ditandatangani peserta sesuai tanggal penyerahan berkas.
  10. Semua berkas persyaratan dimasukan dalam stopmap (warna kuning untuk FSMR)

    Catatan: butir 8 diatas dapat diserahkan setelah dinyatakan diterima pada saat registrasi.

B. Prosedur Pendaftaran Online

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di laman http://pmb.isi.ac.id dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat/diunduh di laman tersebut pada bagian Informasi.
  2. Sebelum melakukan pendaftaran, perhatikan dan siapkan berkas-berkas yang dipersyaratkan:
    a. Data Identitas Diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar)
    b. Data Ijazah dan Nilai Ujian Nasional
    c. Data Nilai Rapot Semester III, IV dan V
    d. Data Sekolah Asal
    e. Softfile pasfoto terbaru ukuran 3×4 background warna merah, dalam format jpeg ukuran maksimal 200 kb.
  3. Sebelum mengisi formulir, pastikan terlebih dahulu pilihan sistem/jalur seleksi dan pilihan program studinya
  4. Pendaftaran online dimulai sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  5. Kesalahan dalam pengisian formulir pendaftaran online menjadi tanggungjawab pendaftar, data yang sudah disimpan tidak dapat diubah.
  6. Setelah sukses melakukan pengisian dan penyimpanan data, lakukan pencetakan biodata dan kartu peserta saudara sebanyak 2 lembar pada kertas ukuran A4 (diharapkan dalam printer warna)
  7. Data pendaftaran akan segera kami proses, jika saudara telah menyerahkan berkas persyaratan verifikasi dan validasi data, sebagai berikut:
    a. Bagi yang akan lulus tahun 2013 melampirkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Akhir dan foto copy rapot semester III, IV dan V yang  dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
    b. Bagi lulusan tahun 2012 dan sebelumnya melampirkan 2 lembar foto copy STTB/Ijazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan
    c. Melampirkan 4 lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 3×4 background warna merah.
    d. Melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/ Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya disahkan oleh Kepala Desa setempat
    e. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas penggunaan NAPZA dari Dokter (serta perhatikan pada syarat ketentuan khusus)
    f. Kartu Peserta saudara akan dilegalisasi oleh Panitia setelah ditandatangani peserta dan tervalidasi sesuai tanggal penyerahan berkas

            Catatan: 

    1. Butir e diatas dapat diserahkan setelah dinyatakan diterima pada saat registrasi.
    2. Bagi peserta luar kota diberi kesempatan untuk mengirimkan berkas verifikasi dan validasi data tersebut melalui pos, dengan ketentuan berkas  tersebut sudah harus diterima panitia paling lambat sesuai jadwal yang telah ditentukan (keterlambatan pengiriman/penyampaian) bukan tanggungjawab panitia.

 

Selain persyaratan diatas calon diwajibkan pula memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran seperti:

  1. Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, untuk mahasiswa semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
  2. Tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing program studi di FSP dan FSMR.

 

WAKTU PENDAFTARAN DAN PENYERAHAN BERKAS (VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA)

1.   JALUR REGULER

  • Gelombang I                                        : 29 April s/d 21 Mei 2013
  • Gelombang II                                       : 1 Juli s/d 12 Juli 2013

2.  JALUR KHUSUS

  • Bidikmisi, PMDK, PBUD, Linier             : 29 April s/d 10 Mei 2013
  • Pendidikan Lanjutan                             : 1 Juli s/d 12 Juli 2013

3.  JALUR NON REGULER

  • Gelombang II                                       : 1 Juli s/d 12 Juli 2013

 

WAKTU DAN TEMPAT UJIAN SELEKSI

1.   JALUR REGULER

  • Gelombang I                                        : 27 – 29 Mei 2013
  • Gelombang II                                       : 16 – 18 Juli 2013

2.  JALUR KHUSUS

  • Bidikmisi, PMDK, PBUD, Linier            : 15 Mei 2013
  • Pendidikan Lanjutan                            : 16 – 18 Juli 2013

3.  JALUR NON REGULER

  • Gelombang II                                       : 16 – 18 Juli 2013

Tempat penyelenggaraan ujian seleksi di masing-masing program studi sesuai jadwal dan kapasitas ruangan.

 

MATERI UJIAN SELEKSI

1. Tes Keterampilan Program studi Animasi (menggambar)
2. Membawa porto folio/hasil karya sesuai program studi Animasi

 

PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI

Hasil Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014 akan diumumkan di Fakultas masing-masing, melalui media cetak yang terbit di Yogyakarta, dan melalui laman http://pmb.isi.ac.id.

Periode

Pengumuman

Registrasi

1. Gelombang I 14 Juni 2013 17 – 19 Juni 2013
2. Gelombang II 1 Agustus 2013 19 – 21 Agustus 2013

 

Keputusan hasil ujian seleksi tidak dapat diganggu gugat