Home »

 
 

Kurikulum

 

curriculumKurikulum Program Diploma 3 Animasi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dibangun dengan dasar kompetensi dunia kerja bidang animasi. Dasar keahlian dari bidang televisi(Program Studi Televisi ISI Yogyakarta) dan bidang desain komunikasi visual(Program Studi DKV ISI Yogyakarta) turut berperan sebagai landasan dasar keahlian bidang animasi, namun pembobotan yang diberikan sangatlah sedikit, yaitu: 10% dasar Desain Komunikasi Visual dan 15% dasar Televisi, sehingga secara keseluruhan memiliki 75% perbedaan dari kurikulum program studi lainnya yang diselenggarakan oleh ISI Yogyakarta.

Kompetensi utama pada Program Diploma 3 Animasi ISI Yogyakarta adalah kompetensi film animasi dan kompetensi animasi game. Kompetensi film animasi mendidik para peserta didik agar memiliki wawasan, kemampuan dan keahlian di dalam proses produksi sebuah film animasi. Sedangkan kompetensi animasi game/animasi interaktif mendidik para peserta didik agar memiliki wawasan, kemampuan dan keahlian untuk produksi sebuah animasi dan kelengkapannya yang mendukung industri game, sekaligus mempelajari juga tentang kemampuan memproduksi game secara dasar berdasarkan desain yang dibuat. Kedua kompetensi utama tersebut juga didukung dengan kompetensi pendukung yang berupa keahlian dalam menggambar karakter, membuat ilustrasi gambar, membuat latar belakang lingkungan animasi ataupun game, membuat desain level game, penulisan skenario dan cerita, pembuatan papan cerita, melakukan pemrograman dasar/ logika game, pembuatan game kasual, membuat model secara 3D, membuat tekstur model, membuat pengolahan suara pendukung animasi dan game, membuat efek khusus dalam animasi dan game, pengembangan softskill, kerjasama tim, berwirausaha, dan manajemen produksi animasi dan game.

Bahan kajian utama yang mendasari kompetensi utama dan kompetensi pendukung tersebut adalah keilmuan animasi dan konstelasinya di ranah keilmuan bidang seni dan teknologi. Hal inimenjadi pertimbangan utama karena bidang animasi walaupun berawal dari kajian bidang ilmu seni perfilman namun seiring perkembangannya banyak mengandung kajian bidang ilmu teknologi komputer dan bidang ilmu lainnya, seperti: kajian religi, sosial dan budaya, kajian komunikasi, kajian visual, kajian sejarah, dan kajian manajemen.

Kurikulum disusun berjumlah 113 SKS yang terdiri atas 111 SKS wajib tempuh dan 2 SKS pilihan yang tersebar dalam masa perkuliahan 3 tahun atau 6 semester. Predikat kelulusan Program Diploma 3 Animasi ISI Yogyakarta diberikan kepada mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi dengan beban minimal 111 SKS, dan tidak melebihi batas perkuliahan program diploma 3, yaitu 10 semester (Sesuai Kepmendiknas No. 232/U/2000).

Kurikulum Program Diploma 3 Animasi ISI Yogyakarta dapat diunduh disini.