PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN ANIMASI
Profil lulusan Program Studi Sarjana Terapan Animasi dirumuskan berdasarkan okupasi yang ada pada klasterisasi keahlian bidang animasi yang terdiri dari kemampuan pengembangan cerita (editorial), kemampuan pengembangan artistik visual (visual), kemampuan pengembangan gerak, kemampuan teknis animasi (teknikal), kemampuan manajerial dan atau kemampuan animasi interaktif . Selain itu profil lulusan juga dirumuskan berdasarkan SKKNI bidang animasi Level 6 yang berlaku, yaitu SKKNI Animasi tahun 2020. Dengan demikian tujuan penyelenggaraan Program Studi Sarjana Terapan Animasi adalah untuk menghasilkan Sarjana Terapan Animasi (S.Tr.Anim.) yang memiliki kemampuan softskill dan hardskill yang seimbang dalam berinovasi sehingga berpeluang menjadi:
Profil Lulusan
- PL-1 Rigger System Designer
- PL-2 Crowd Simulation System Designer
- PL-3 SLR System Designer
- PL-4 Technical System Admin Designer
- PL-5 3D Animation Development Artist
- PL-6 Puppeteer Development Artist/Cut-Out
- PL-7 2D Animation Development Artist
- PL-8 Asset/ Property/ Character/ Environment/ Visual/ Look/ Development/ Layout/ Concept Designer
- PL-9 Editorial/ Story/ Screenplay Designer
- PL-10 Animation Production Manager
- PL-11 Game Graphic Designer
- PL-12 PreVis Designer
- PL-13 GUI Designer
Deskripsi Profil
- Perancang pembuatan sistem rangka gerak sebuah karakter animasi.
- Perancang pembuatan sistem simulasi kerumunan secara otomatis pada produksi efek visual.
- Perancang sistem mekanika SLR pada perekaman animasi.
- Perancang dan pemelihara administrasi mekanika kerja teknis dalam produksi animasi.
- Seniman penanggung jawab pengembangan animasi 3D.
- Seniman penanggung jawab pengembangan animasi teknik cut-out.
- Seniman penanggung jawab pengembangan animasi 2D.
- Perancang dan penanggung jawab produksi aset/ properti/ karakter/ lingkungan/ tampilan/ tata letak/ konsep visual sebuah produksi animasi.
- Perancang cerita/editor yang bertanggung jawab dalam pengembangan cerita di produksi film animasi.
- Manajer pengelola dan penanggung jawab proses produksi animasi.
- Perancang semua kebutuhan grafis/visual dalam produksi game.
- Perancang pre-visualisasi semua elemen komplek secara visual sebelum dilakukannya proses finalisasi render.
- Perancang antarmuka grafis untuk kebutuhan interaksi manusia dengan sebuah komputer/aplikasi/web.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN ANIMASI
CPL Aspek Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Berusaha menciptakan karya seni yang unggul, kreatif dan inovatif berdasarkan Pancasila.
- Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamatan Kerja.
CPL Aspek Pengetahuan
- Mengkreasikan seni (estetika), desain dan komposisi.
- Menganalisis sinematografi.
- Menganimasi dengan beragam teknik animasi (12 principles of animation).
- Menyusun dokumentasi kerja berupa exposure sheet/dope sheet/time sheet.
- Merancang skenario/script film animasi.
- Menyusun dokumen model sheet dan character sheet.
- Merancang papan cerita (storyboard) dan layout.
- Menafsirkan penghitungan frame dalam gerak.
- Mengkombinasikan warna (colour theory).
- Mengatur workflow kerja modelling 3D.
- Menyusun topologi bentuk objek 3D.
- Mengatur sistem kerja mekanika digital.
- Menciptakan karya visual sesuai kaidah fotografi.
- Merancang storytelling.
- Menganalisis karya berbasis social culture.
- Menyusun manajemen proyek.
- Mengembangkan profesionalisme dalam tata kerja.
- Merencanakan kewirausahaan dan bisnis.
CPL Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
- Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
CPL keterampilan Khusus
Membuat 2D Sekuensial Gambar Gerak Utama (Keyframing).
Membuat 2D Sekuensial Gambar Gerak Sela (Inbetween).
- Membuat Pergerakan (Motion) Objek Digital.
- Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop).
- Membuat Gerak Body Mechanic (Interaction) Karakter.
- Membuat Akting Pergerakan Karakter.
- Membuat Lip Sync Karakter.
- Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging).
- Membuat Tabel Dope/ Exposure/ Time Sheet.
- Membuat Shot/ Scene/ Sequence Storyboard.
- Membuat Dope/Exposure/Time Sheet.
- Membuat Rancangan Standar Gerak (Personality) Karakter.
- Memerinci Kompleksitas Shot/ Scene/ Sequence dari Storyboard/ Animatic.
- Menganalisis Studi Pergerakan Karakter (Animation Research.
- Mengukur Kinerja Animator.
- Menganalisis Studi Pendalaman Aset Visual Animasi.
- Membuat Dokumen Visual Animasi
- Membuat Rancangan Visual Animasi (Concept Art).
- Membuat Standar Produksi Desain Karakter (Character Production Design).
- Membuat Standar Produksi Desain Latar Belakang atau Set Location (Environment Production Design).
- Membuat Standar Produksi Desain Properti (Properti Production Design).
- Membuat Layout 2D.
- Membuat Gambar Latar (Background) 2D.
- Mengkreasikan Pewarnaan/Melukis Gambar Latar (Background) 2D.
- Mengkreasikan Pewarnaan Objek Gambar Bergerak 2D.
- Membuat Clean Up Gambar Keypose 2D.
- Membuat Aset Gambar 2D Puppeteer (Cut Out Animation).
- Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface.
- Membuat Model 3D Berbasis Organic.
- Membuat Model 3D Dengan Teknik Digital Sculpting.
- Membuat Retopology Permukaan (Polygonal) Objek 3D.
- Membuat Proyeksi UV Mesh Dari Objek 3D.
- Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing).
- Membuat Susunan (Layout) Aset Pada Bidang 3D.
- Membuat Artistik Sudut Pandang Kamera 3D.
- Membuat Artistik Pencahayaan 3D (Set Lighting).
- Membuat Set Design 3D (Set Dressing/3D Set Designer/Look Dev).
- Membuat Penggabungan Aset Visual Teknik Layer 2D (Post 2D Compositing).
- Membuat Penyusunan Artistik Aset Visual Teknik Layer 3D (Post 3D Compositing).
- Membuat Konsep Cerita Animasi.
- Membuat Konsep Penokohan dalam Cerita Animasi.
- Merancang Studi Pendalaman Cerita.
- Membuat Skenario Animasi.
- Membuat Kajian Ulang Skenario Animasi.
- embuat Breakdown Skenario Produksi Animasi.
- Membuat Gambar Penceritaan Animasi (Storyboard).
- Mengatur Pengawasan Bidang Penyutradaraan Karya Animasi (Directing).
- Membuat Perencanaan Rekam Dialog Animasi.
- Membuat Animatics.
- Membuat Reka Adegan Animasi Awal (3D Previsualisasi).
- Membuat Penyuntingan Gambar Akhir Animasi (Online Editing).
- Membuat Settingan Sifat Bahan 3D (Shading).
- Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering).
- Melakukan Pengaturan/Pengawasan Penggunaan Render Farm Dalam Produksi (Render Wrangler).
- Membuat Simulasi Gerak Digital Benda (Rigid/ Soft Body).
- Membuat Simulasi Gerak Digital Partikel.
- Membuat Simulasi Gerak Digital Kain/ Rambut/ Bulu (Cloth/ Hair/ Fur Simulation).
- Membuat Arahan Simulasi Gerak Digital Larutan (Liquid/Fluid Simulation).
- Merancang Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging).
- Membuat Struktur/Kerangka Sistem Mekanika Objek/Benda/Karakter (Rigging).
- Membuat Struktur Mekanik Ekspresi dan Controller Wajah (Facial Rigging).
- Membuat Teknik Sambungan Antar Objek 3D Dan Mekanika (Skinning).
- Membuat Struktur Teknik Sambungan Antar Objek 2D Dan Mekanika Tulangan (Rigging/Peg).
- Merancang Pemindaian Digital Gambar Animasi
- Membuat Pengecekan/Pembackupan Data Digital Produksi Animasi.
- Membuat Sistem Kerja Produksi Animasi dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman.
- Mengatur Perangkat Kerja Produksi Animasi.
- Membuat Perencanaan Kerja Produksi Animasi.
- Membuat Standar Sistem Produksi Animasi (Prosedur Sistem Kerja Produksi).
- Membuat Rancangan Pipeline Produksi Animasi.
- Mengatur Kendali Kualitas Proses Produksi Animasi.
- Membuat Kaji Ulang Sistem Produksi Animasi.
- Melakukan Paparan/Laporan Pencapaian Kinerja Produksi Animasi.
- Mengatur Uji coba Hasil (Pekerjaan) Produksi Animasi.
- Membuat Pengawasan Sistem Kerja Produksi Animasi.
- Membuat Pengawasan Terhadap Aspek Legal Pada Produksi Animasi.
- Mengelola Tim Produksi Animasi.
- Membuat Progress Report.
- Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamatan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi.
- Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi.