Kunjungan Kerjasama Balai Arkeologi Yogyakarta ke Prodi Animasi ISI Yogyakarta Untuk Pembuatan Film Animasi tentang Situs Liyangan

Kunjungan Balai Arkeologi Yogyakarta pada hari ini tanggal 4 Maret 2020 berada di ruang rapat lantai 2 gedung Prodi Film dan Televisi ISI Yogyakarta, bermaksud menindak lanjuti dari kunjungan sebelumnya yang telah membuahkan program workshop videografi oleh Prodi Film dan Televisi. Kali ini Balai Arkeologi Yogyakarta yang dihadiri oleh Bapak Kawari, Mbak Putri, Mas Hari Wibowo, Mas Pratama, dan Mas Bayu kembali mengajak kerjasama dengan Prodi Animasi ISI Yogyakarta untuk membuat sebuah produk edukasi dalam bentuk film animasi tentang Situs Liyangan. Liyangan sendiri merupakan sebuah desa atau Dusun, yang berada pada lereng gunung Sindoro, yang kondisinya ketika ditemukan tengah teertimbun oleh material letusan Gunung Sindoro. Film tersebut dalam rencananya akan di launching pada bulan September 2020 mendatang sebagai program kegiatan Rumah Peradaban. Rumah Peradaban sendiri memiliki 3 Kegiatan yaitu (Pendidikan, Produk Pendidikan, dan Buku Pengayaan Pendidikan) yang bertujuan mengedukasi kepada publik dan merekonstruksi situs Liyangan sesuai dengan peradaban pada masa itu.

Dalam menindak lanjuti program tersebut, Prodi Animasi ISI Yogyakarta akan melakukan Riset data dan mempelajari terlebih dahulu, baik tentang kondisi di lapangan tentang keadaan Desa yang tertimbun oleh material letusan Gunung berapi Sindoro yang ditemukan pada tahun 2006.

Dengan adanya tawaran kerjasama program film animasi dengan pihak Balai Arkeologi Yogyakarta, Prodi Animasi ISI Yogyakarta menyambut dengan senang sekali dengan adanya kerjasama tersebut, dan akan segera disusun Program Kerja Sama.