Telpon : +62 274 384107  |  Email : animasi@isi.ac.id

Webinar – “Bincang – Bincang Dunia Animasi”

Jenjang Karir di Dunia Industri Animasi

Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat akan dunia Animasi, Prodi D-3 animasi ISI Yogyakarta mengundang narasumber yang aktif di bidang animasi yaitu bapak Moh. Rif’an (Founder of Sweatbox Animation and Supervisory board of AINAKI), Mas Ahmad Ahadi (Game artist and Animator Honorable mention at Melon Game Jam 2018) dan bapak Mahendradewa, M.Sn. (Sekretaris Prodi D-3 Animasi ISI Yogyakarta) serta akan mengutarakan tentang seputar dunia animasi. Dalam acara webinar senin tanggal 27 Juli 2020 ini telah hadir bapak Dedi Setyawan, M.Sn. selaku Pembantu Dekan II FSMR ISI Yogyakarta dan bapak Tanto Hartoko, M.Sn. selaku Kaprodi D-3 Animasi ISI Yogyakarta.

Diawali dengan sambutan dari bapak Dedi Setyawan, M.Sn. berpesan bahwa kegiatan webinar ini akan diadakan secara rutin terlebih lagi di masa pandemic saat ini dapat memberikan wawasan dan informasi seputar dunia animasi kepada masyarakat luas, para animator serta mahasiswa prodi D-3 animasi, agar tetap bisa bekerja dan berkarya dari rumah. Webinar kali ini mengusung tema “Jenjang Karir di Dunia Industri Animasi” sebagai gambaran keberadaan dan fungsi animasi yang diterapkan pada berbagai media sempat mengalami perubahan cara pandang berdasar asumsi dari masyarakat, diantaranya adalah :

  1. Production Technic

produksi animasi tentang Teknik apa yang digunakan, sebagai contoh pembuatan film dengan Teknik animasi. Maka keberadaan animasi tersebut hanya digunakan sebagai Teknik, jika animasi dipandang hanya sebagai Teknik makan animasi tersebut tidak maksimal.

  • Business Entity

Animasi merupakan entitas yang dapat berdiri sendiri, jika dilihat dari segi bisnis animasi maka entitas bisnis tersebut merupakan produk turunan dari animasi yaitu Merchandise.

  • Animator

Dalam media cetak dan online, membahasakan bahwa animasi ini adalah sebagai icon orang yang ada di dalamnya dan melebelkan mereka sebagai “animator”. Padahal dalam Dunia Industri animasi hal tersebut bertentangan, karena “animator” itu sendiri adalah satu bagian kecil atau salah satu profesi dari produksi animasi dalam industri film animasi.

foto 01. Bapak Moh. Rif’an sedang menjelaskan tentang jenjang karir di dunia industri animasi.

Jenjang karir dalam Industri animasi yang perlu kita pahami adalah sebagai berikut:

  1. Profesi

Secara jamak atau plural profesi animasi adalah 2D artist, 3D Artist, CG Artist, Vfx Artist. Dan secara specific adalah Executive Producer, Producer, Story Director, Technical Director, Animation Director, Art Director, Animator, Modeler Artist, Rigger Artist, Mocap Artist, Vfx Artist, Layout Artist, Storyboard Artist, Concept Artist, Compositor, Editor Sound Engineering.

  • Difersity

Perbedaan antara animasi film dengan animasi motion graphic dibedakan berdasarkan area yaitu area Motion dan area Emotion, motion graphic berada diarea Motion dikarenakan cukup menggerakkan object saja kemudian pada film animasi berada pada area Emotion yaitu pergerakan animasi yang sampai pada emosi bahkan acting dari karakter maupun object.

  • Peta Okupasi

Karir dalam dunia animasi melaui pemetaan okupasi, peta tersebut dapat dilihat dari credit sebuah film. Peta Okupasi yang berhubingan dengan KKNI di Indonesia adalah seperti ini:

Gambar 01. Rumpun Peta Okupasi Animasi.

Peta okupasi tersebut menjelaskan bahwa jenjang karir tersebut bergerak dari bawah ke atas mulai dari Pelaksana Clerk, Junior, Intermediate atau Middle, Senior, Lead, Development atau Designer, Supervisor, hingga Director yang terbagi berdasarkan rumpun bidang pekerjaannya mulai dari Technical, Motion, Visual, Editorial, Managerial. Jenjang karir tersebut akan susah apabila bergerak kesamping maka karir yang dicapai akan berada di level bawah terus, sebaliknya akan lebih baik jika karir tersebut bergerak ke atas dari junior menuju senior hingga director pada bidang motion saja misalkan.

Gambar 02. Alur Rumpun Peta Okupasi Animasi.

Pada sesi kedua oleh bapak Mahendradewa, M.Sn. yang mempresentasikan tentang proses produksi animasi di lingkup Prodi D-3 Animasi dengan judul “Geraknya Gambar Bergerak Dunia Pendidikan Animasi dengan Industri”.

Gambar 03. Presentasi dari bapak Mahendradewa, M.Sn.

Dalam presentasi tersebut menjelaskan bahwa Prodi Animasi merupakan Pendidikan vokasi di bidang animasi dengan kurikulum yang berbasis KKNI yang kedepannya dapat bersinergi dengan dunia Industri Animasi serta para lulusan animasi dapat terserap dalam dunia industri tersebut. Selanjutnya pada sesi ketiga, oleh Mas Ahmad Ahadi kerap disapa Ahadi yang merupakan alumni dari Prodi D-3 Animasi ISI Yogyakarta yang membagi pengalammanya dalam berkarya animasi pada masa studi di ISI Yogyakarta dan sedikit pengalaman di luar negeri. Dalam pengelamannya berkarya dan berkakir di animasi, Ahadi pernah melalkukan studi ke Hunggaria dalam program pertukaran pelajar dan menghasilkan karya yang berkolaborasi dengan para pelajar di Eszterházy Károly University.

Gambar 04. Presentasi dari Ahmad Ahadi sebagai Game Artist and Animator pada Melon Game Jam.

Gambar 05. Suasana Studi di Eszterházy Károly University.

Pada akhir webinar kali ini di hadiri 53 peserta yang beberapa diantaranya adalah mahasiswa prodi D-3 Animasi dan praktisi animasi serta masyarakat umum untuk menambah wawasan pengetahuan akan dunia animasi selama masa pandemic. Diharapkan dalam bincang-bincang animasi ini dapat memicu minat dan semangat dalam berkarya animasi.